Selasa, 13 September 2016

Tips Aman Minum Kopi Buat "Si Maag"

Ilustrasi Menikmati Secangkir Kopi [https://www.pexels.com]

Buat orang seperti Saya, kopi itu sudah menjadi setengah hidup ku. Ciye elah :p, Nah, lebih tidaknya Saya tidak bisa meninggalkan secangkir kopi di pagi hari, ini menurut catatan medical record (rekam medis) Saya, mengatakan bahwa Saya memiliki riwayat maag, atau Asam Lambung yang sering naik.

Orang seperti Saya ini ngopi merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan, seperti makan, atau rasanya seperti rindu sama pacar dan belum bertemu selama 2 purnama :) tertahan dan tak bisa diungkapkan, hanya bisa menulis puisi untuk dia yang tak bisa ditemui, hehehe

Pada artikel galau kali ini, Saya cuma mau membagi tips yang Saya alami, jika ada blogger nyasar ke alamat Blog Analis galau, Saya tidak memperkenankan Anda untuk mempraktekannya, bisa saja artikel galau Saya ini tidak ada manfaatnya sama sekali, hehehe

1. Memahami Maag Anda

Ciyee, maag juga perlu di pahami ya, pengen di mengerti dan ngga mau nunggu sampai 2 purnama, ahahaha. Coba tanyakan pada diri Anda,  Maag nya udah seberapa parah atau apa penyebab maag Anda. Perlunya memahami diri sendiri, supaya tidak merugikan diri Anda sendiri. 

2. Memilih Kopi Yang Aman Buat Lambung Anda

Faktanya maag tidak hanya dipicu oleh 'Kopi", tapi memang jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan berakibat fatal yang mengakibatkan lambung bereaksi cepat terhadap caffein. Banyak makanan yang bersifat asam juga, perhatikan beberapa makanan tersebut, ganti kopi Anda dengan Kopi yang memiliki kadar asam rendah.

3. Biasakan Makan / Sarapan (Seperti Biasa) Sebelum Minum Kopi

Kopi selain bersifat asam, juga bersifat mengikat cairan. Cairan tubuh Anda akan diserap oleh kopi dan dibuang pada proses kencing, :p Nah, jam kerja Asam Lambung itu sekitar jam 9 - 10 yang biasa makan pagi, kemudian tidak makan, maka antara jam 9 - 10 itu Asam lambung akan meningkat, kebayang dong gimana jadinya. 

Gambarannya begini ; Taukan kamar mandi yang biasanya otomatis di siram sama kita sewaktu mandi, pasti akan bersih, nah ini tiba - tiba kita tidak mandi di kamar mandi, otomatis si kamar mandi akan kering. Nah, ketika kamar mandi dalam kondisi kering, tiba - tiba kita masuk menyiram cairan pembersih lantai yang pekat itu. Waduh, pasti suasana ruangan kamar mandi jadi berasap kan.. Nah, bayangkan hal tersebut terjadi kepada lambung, dan itu Anda lakukan hampir setiap hari, ckckckck

4. Batasi Konsumsi Kopi

Kebijakan lain adalah dengan membatasi Kopi Anda. Rindu memang berat, tapi alangkah baiknya rindu itu ditahan dan di ungkapkan esok hari. Batasi juga konsumsi kopi Anda, maksimal sehari dua cangkir kopi.

Yang lebih parah adalah jangan mengkonsumi kopi secara berlebihan jika kopi Anda dapat membeli dari warung, atau yang sachet, kenapa? untuk kopi tertentu, semisal coffeemix, atau apalah itu, kemungkinan bukan menggunakan gula alami, gula rekayasa itu bisa mempengaruhi kerja ginjal dalam jangka waktu yang lama.

Nah, sekian dulu semoga tips ini tidak bermanfaat sama sekali buat Anda. Mungkin Anda termasuk orang yang kurang beruntung bisa membaca sampai selesai tulisan ini hehehe

Imad al Badrawi
Rabu, 14 September 2016
E mail : imadanalis@gmail.com